Petunjuk Tidak Resmi untuk Menggunakan (atau Tidak) Google Earth

Posted on January 24, 2007. Filed under: Diskusi |

Daftar berikut ini tidak dimaksudkan sebagai advokasi untuk mendorong (atau menghindari) penggunaan Google Earth. Daftar ini ditujukan untuk merangkum dan mengamati sejauh mana Google Earth (GE) dapat dioptimalkan untuk pendidikan, riset, dan pengambilan keputusan (Do GE). Dan sebaliknya, beberapa keterbatasan yang saat ini dipakai sebagai pertimbangan beberapa pihak untuk membatasi penggunaan GE, juga dibeberkan sebagai penyeimbang (Don’t GE). Tentunya bisa terjadi banyak salah dan bias. Siapa tahu bermanfaat.

Do GE: Kapan Dipakai?

Apabila anda termasuk yang tercantum di antara 10 nomor di bawah ini:

1. Jago petualang atau individual pemilik hobi olahraga bersepeda ataupun lari

(yang senang melihat tempat asing atau yang ingin melihat jalur sepeda dan lari yang ditempuh – untuk yang ini anda perlu memiliki GE plus, agar bisa mengupload data GPS -).

2. Seorang Analis Perang atau GeoPolitik sebuah stasiun TV

(yang perlu menjelaskan secara interaktif di mana dan bagaimana peristiwa terjadi – lihat video CNN ini sebagai contohnya)

3. Birokrat atau Politisi

(yang perlu presentasi peristiwa bencana atau konflik nasional kepada anggota dewan, pejabat negara, atau pimpinan pengambil keputusan. Dengan ditunjang kemudahan fasilitas navigasi yang disediakan GE, penumpangsusunan dan pengkombinasian data tematik di atas foto satelit akan membuat presentasi mudah dipahami dan merangsang diskusi “berwawasan spasial”).

4. Presenter ramalan cuaca sebuah stasiun TV

(yang perlu menjelaskan kondisi cuaca ke pemirsa secara interaktif. Berikut ini salah satu contoh bagaimana lapis data terkait cuaca dapat tersaji di atas GE  atau bagaimana data cuaca terintegrasi di atas GE. Lihat juga tulisan sebelumnya “Around the World…”: salah satu cara sederhana untuk mengintegrasikan informasi ramalan cuaca di atas GE ditulis di sana)

5. Guru IPA dan IPS atau Geografi di sekolah yang punya akses internet.

(yang harus menerangkan fisika alam atau geografi dunia kepada para murid. Dengan memakai GE, mestinya penjelasan bisa lebih interaktif dan mampu memberi taut dan informasi lebih banyak daripada menerangkannya dengan bola dunia statis. Lalu, bagaimana kalau para murid ternyata sudah lebih terbiasa mengakses informasi melalui GE dibandingkan guru mereka?)

6. Mahasiswa S1 ilmu kebumian atau informatika

(yang masih bingung mencari topik skripsi. Banyak sekali topik yang bisa dibuat berkisar GE, KML dan KMZ. Mulai dari integrasi informasi spasial berbasis web, misalnya informasi yang berasal dari geosensor (mis. peil banjir), gazetter (database nama kebumian), ataupun berita (misalnya: geoRSS) sampai dengan mekanisme tukar data antar server yang menjalankan servis pemetaan berbasis web yang beragam (i.e. ArcIMS, Mapserver, Geoserver) melalui format KML dan KMZ).

7. Komunitas SAR Bencana

(yang perlu tukar menukar data terkini mengenai bantuan logistik, alokasi bantuan kesehatan, dan kondisi per desa. Sudah ditulis di majalah Nature misalnya, bagaimana GE dapat membantu inisiatif evakuasi para relawan di lapangan untuk membantu evakuasi bencana Orkan dan gempa di Pakistan. Lihat juga di kiriman sebelumnya bagaimana inisiatif sporadik dapat difasilitasi dengan GE: “The Tsunami Warning Transmisson (2)”).

8. Arsitek dan Planner

(yang perlu menggambar dan menyajikan data 3D seputar disain. Fasilitas GE Sketchup memungkinkan disain dan data teknis 3D gedung dan infrastruktur disajikan di atas GE).

9. Geeks – Programmer yang usil dan kreatif

(yang ingin mencari pemecahan masalah akses informasi kebumian melalui GE atau yang ingin mencari proyek. Banyak sekali ide kreatif yang dapat digali dan dikembangkan di atas GE. Dengan mengkombinasikan data tematik sesuai kebutuhan, GE dapat dimanfaatkan sebagai sarana presentasi dan analisis (visual). Misalnya saja: GE & telekomunikasi, GE & real estate, GE & perpajakan, GE & pengairan, dan lain-lain. Asal keusilan tersebut bukan untuk melakukan iseng-iseng berbahaya: misalnya memanfaatkan koordinat di GE untuk mengirim bom atau roket!)

10. Pekerja di sector “fleet management” dan “positioning”

(yang belum punya atau masih mencari platform yang murah dan interaktif untuk operasi penatakelolaan pengiriman barang. Dengan fasilitas pertukaran data KML/KMZ dan uploading data GPS, ada peluang untuk mengembangkan aplikasi georouting dan pengkinian posisi)

, maka anda memiliki alasan untuk memanfaatkan GE.

Don’t GE: Kapan Tidak Dipakai atau Dihindari?

Apabila anda termasuk di antara yang tercantum di bawah ini:

1. Remote Sensing Scientist atau GIS Analyst

(yang pekerjaannya lebih banyak ke arah pengolahan data)

2. Aparat keamanan atau birokrat

(yang menomorsatukan keamanan “rahasia negara” dan tidak ingin “rahasia negara” disebarkan atau “kedaulatan negara (baca: nama kebumian – geo names)” dikacaukan. Baca misalnya artikel tentang keluhan birokrasi beberapa negara tentang penyediaan data resolusi tinggi dari GE. Berikut terdapat tulisan mengulas GE terkait dengan isu:nama geografis dan batas wilayah dan keamanan negara. Lihat juga point 9 dari Do GE di atas. Bagaimana dengan Indonesia? Sebagai gambaran, terbanglah ke atas Indonesia dengan GE, lalu nyalakan layer “DG Coverage”. Kotak persegiempat menandakan lokasi yang sudah tercakup foto satelit milik DG – Digital Globe. Melalui indeks di pusat  kotak-kotak tersebut, kita dapat terhubung langsung dengan web katalog milik DG. Di katalog ini pemesanan foto dapat dilakukan. Bagaimana menurut anda?)

3. Pekerja Microsoft atau Yahoo!

(yang tentu saja diharapkan oleh para bos untuk lebih mengembangkan produk mereka -misalnya Microsoft Local Live atau Yahoo Maps)

4. Pemilik rumah mewah

(yang takut propertinya dilihat dan disalahgunakan)

5. Pejabat/Pekerja pemerintah dan swasta di sektor “geo-information”

(yang tidak ingin sistem kerja dan proses kerja mereka bergantung pada server-server milik Google Earth dan rekan-rekannya).

6. Geeks – Programmer tulen

(yang selalu ingin berinovasi dan menciptakan baru).

7. Pengguna komputer tanpa akses internet

(lho kok bisa baca tulisan ini?)

, maka anda memiliki alasan kuat untuk tidak memakai atau menghindari Google Earth.

Ada tambahan?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Petunjuk Tidak Resmi untuk Menggunakan (atau Tidak) Google Earth”

RSS Feed for Laboratorium SIG UNIMA Comments RSS Feed

hehe…. menggelitik tulisannya. thx infonya


Where's The Comment Form?

  • January 2007
    M T W T F S S
        Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Archives

  • GeoTweet

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • free counters
  • Categories

  • Top Rated

  • Protected by Copyscape Online Copyright Checker
  • AddThis!

    var addthis_config = {"data_track_clickback":true};
  • LINK

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: